• PKBM MAWAR
  • Selangkah Lebih Maju Bersama Kami PKBM Mawar

Pembelajaran Berkelanjutan Berbasis Pengenalan Lingkungan bagi Anak Berkebutuhan Khusus di PKBM Mawar

(pembelajaran pengenalan lingkungan oleh anak berkebutuhan khusus)

Pembelajaran berkelanjutan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif yang responsif terhadap kebutuhan individual. Dalam konteks pendidikan nonformal, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) memiliki peran strategis dalam memberikan layanan pembelajaran yang adaptif, fleksibel, dan berpusat pada peserta didik. PKBM Mawar sebagai lembaga yang berkomitmen pada pendidikan inklusi telah mengembangkan pendekatan pembelajaran berbasis pengenalan lingkungan sebagai upaya menumbuhkan kemampuan kognitif, sosial, dan kemandirian ABK.

Pengenalan lingkungan merupakan salah satu strategi yang efektif karena memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami fenomena langsung, mengembangkan keterampilan adaptatif, serta meningkatkan interaksi mereka dengan lingkungan sosial dan fisik.

Di PKBM Mawar, program pengenalan lingkungan disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak, meliputi:

  1. Eksplorasi lingkungan sekitar (kelas, halaman, taman) untuk melatih observasi.
  2. Kegiatan berbasis pengalaman (praktik kebersihan, mengenal jenis tanaman, memahami rambu sederhana).
  3. Pendekatan multisensori untuk membantu ABK yang memiliki hambatan kognitif atau sensorik.
  4. Integrasi nilai-nilai keberlanjutan, seperti menjaga kebersihan, daur ulang, dan konservasi sederhana.

Dengan adanya pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan kemandirian peserta didik, meningkatkan kemampuan kognitif serta, pengembangan sosal emosional peserta didik dengan kebutuhan khusus tuna netra. Implementasi yang konsisten dan kolaboratif diharapkan mampu menjadikan PKBM Mawar sebagai model praktik baik dalam pendidikan inklusi berbasis pembelajaran berkelanjutan.

(pembelajaran pengenalan lingkungan oleh anak berkebutuhan khusus)

(pembelajaran pengenalan lingkungan oleh anak berkebutuhan khusus)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Home Visit PKBM Mawar Upaya Mendekatkan Layanan Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus

(pelayanan home visit untuk anak berkebutuhan khusus)  Tidak semua anak berkebutuhan khusus mampu mengikuti pembelajaran tatap muka secara rutin. Kondisi kesehatan, kemampuan ad

08/12/2025 04:29 - Oleh Administrator - Dilihat 30 kali
Kreativitas Siswa Tunanetra dalam Membuat Telur Asin di PKBM Mawar

(proses pembuatan telur asin oleh siswa abk PKBM Mawar)  Siapa bilang keterbatasan dapat membatasi kreativitas? Di sebuah PKBM  keterampilan khusus, sekelompok siswa tunane

06/12/2025 17:07 - Oleh Administrator - Dilihat 35 kali
“Meningkatkan Kompetensi Bahasa Asing: Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Korea di PKBM Mawar”

(Pembelajaran Bahasa Korea di PKBM Mawar oleh Pengajar Bahasa)  Di tengah derasnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi, penguasaan bahasa asing menjadi salah satu kunci pent

10/11/2025 04:25 - Oleh Administrator - Dilihat 93 kali
“Pendekatan Inklusif dalam Implementasi Pembelajaran Huruf Braille di PKBM Mawar”

(Pendampingan pembelajaran huruf braille untuk siswa tunanetra di PKBM Mawar)  Pendidikan inklusif merupakan wujud nyata dari semangat “pendidikan untuk semua,” di m

10/11/2025 03:39 - Oleh Administrator - Dilihat 88 kali
"PKBM Mawar Gelar Ujian TKA Paket C: Langkah Nyata Menuju Pendidikan Setara untuk Semua"

  (pelaksaan ujian TKA kesetaraan Paket C PKBM Mawar)  Pendidikan bukan hanya hak bagi mereka yang menempuh sekolah formal, tetapi juga bagi siapa pun yang ingin terus belaj

09/11/2025 02:55 - Oleh Administrator - Dilihat 103 kali