Kreativitas Siswa Tunanetra dalam Membuat Telur Asin di PKBM Mawar

(proses pembuatan telur asin oleh siswa abk PKBM Mawar)
Siapa bilang keterbatasan dapat membatasi kreativitas? Di sebuah PKBM keterampilan khusus, sekelompok siswa tunanetra menunjukkan bahwa mereka mampu menghasilkan produk makanan berkualitas salah satunya telur asin.
Dengan metode pembelajaran berkelanjutan yang terstruktur, siswa berkebutuhan khusus tersebut mempelajari tahap demi tahap proses pengasinan telur. Guru dan tutor pendamping memberikan panduan melalui instruksi verbal, tekstur bahan, serta teknik perabaan sehingga siswa dapat mengikuti prosesnya secara mandiri. Suasana belajar menjadi hidup karena setiap tahapan memberi pengalaman sensorik yang baru.
Kemampuan membuat telur asin bukan hanya keterampilan memasak, tetapi juga bekal kemandirian. Siswa merasa bangga karena dapat menghasilkan produk yang bisa dinikmati banyak orang. Kegiatan ini menumbuhkan rasa percaya diri sekaligus membuka peluang wirausaha sederhana di masa depan.
Dengan dukungan sekolah, pendamping, dan lingkungan sekitar, kreativitas siswa tunanetra terbukti dapat berkembang luar biasa. Sudah saatnya lebih banyak ruang diberikan bagi mereka untuk berkarya. Kepala PKBM Mawar mengajak semua elemen untuk mendukung pembelajaran inklusif dan berkelanjutan agar lebih banyak potensi hebat dapat muncul dan menginspirasi.

(proses pembuatan telur asin oleh siswa abk PKBM Mawar)

(proses pembuatan telur asin oleh siswa abk PKBM Mawar)
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Home Visit PKBM Mawar Upaya Mendekatkan Layanan Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus
(pelayanan home visit untuk anak berkebutuhan khusus) Tidak semua anak berkebutuhan khusus mampu mengikuti pembelajaran tatap muka secara rutin. Kondisi kesehatan, kemampuan ad
Pembelajaran Berkelanjutan Berbasis Pengenalan Lingkungan bagi Anak Berkebutuhan Khusus di PKBM Mawar
(pembelajaran pengenalan lingkungan oleh anak berkebutuhan khusus) Pembelajaran berkelanjutan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan salah satu aspek penting dalam penyelengga
“Meningkatkan Kompetensi Bahasa Asing: Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Korea di PKBM Mawar”
(Pembelajaran Bahasa Korea di PKBM Mawar oleh Pengajar Bahasa) Di tengah derasnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi, penguasaan bahasa asing menjadi salah satu kunci pent
“Pendekatan Inklusif dalam Implementasi Pembelajaran Huruf Braille di PKBM Mawar”
(Pendampingan pembelajaran huruf braille untuk siswa tunanetra di PKBM Mawar) Pendidikan inklusif merupakan wujud nyata dari semangat “pendidikan untuk semua,” di m
"PKBM Mawar Gelar Ujian TKA Paket C: Langkah Nyata Menuju Pendidikan Setara untuk Semua"
(pelaksaan ujian TKA kesetaraan Paket C PKBM Mawar) Pendidikan bukan hanya hak bagi mereka yang menempuh sekolah formal, tetapi juga bagi siapa pun yang ingin terus belaj
